3 Trik CMD Yang Wajib Anda Diketahui

3 Trik CMD Yang Wajib Anda Diketahui – Bagi para pengguna sistem operasi Windows, maka penggunaan CMD atau Command Prompt tentu tidak bisa dipungkiri. Hal ini karena tidak semua fitur atau fungsi yang terdapat pada Windows dapat digunakan melalui menu visual. Ada beberapa fitur yang hanya bisa digunakan melalui CMD. Selain itu, ada banyak sekali informasi yang bisa diperoleh jika mahir menggunakan CMD. Oleh sebab itu, maka anda harus mulai terbiasa menggunakan atau mengeksekusi sebuah perintah pada CMD.

Trick CMD yang Sebaiknya Anda Gunakan

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan CMD dan mungkin sudah hafal banyak sekali perintah CMD, maka ada beberapa trik penggunaan CMD yang harus anda ketahui. Trik-trik menggunakan CMD berikut ini diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dan kemampuan anda dalam bekerja menggunakan CMD. Beberapa trik tersebut adalah sebagai berikut.

1. Menyalin Output ke Clipboard Dengan Cepat

Pada trik yang pertama ini, anda akan mendapatkan pengalaman baru dimana infomasi yang dihasilkan pada output CMD bisa anda salin ke clipboard dengan sangat cepat. Proses menyalin output CMD memang sering dilakukan, hal ini biasanya karena ada beberapa atau semua output CMD tersebut hendak disalin pada format dokumen lain seperti Word, Notepad, dll. Pada dasarnya anda bisa menyalin informasi yang dihasilkan pada output CMD dengan cara drag pada teks output CMD tersebut. Tetapi, bagaimana jika jumlah baris yang hendak anda salin sangat banyak, tentu saja anda tidak mungkin melakukannya secara berulang-ulang.

Oleh karena itu ada sebuah trik yang bisa anda gunakan untuk menyalin informasi yang dihasilkan pada output CMD. Penggunaannya sangatlah sederhana, anda hanya perlu menambahkan perintah ” | clip” pada setiap baris perintah CMD yang anda tuliskan. Misalnya saja anda hendak menyalin output dari perintah ipconfig pada CMD, maka silahkan tulis “ipconfig | clip”. Atau, jika anda hendak mengetahui spesifikasi komputer dengan perintah msconfig, maka anda hanya perlu menulis “msconfig | clip”. Dengan menggunakan tambahan perintah tersebut, maka semua output yang dihasilkan akan disalin ke clipboard. Selanjutnya anda hanya perlu langsung paste pada halaman dokumen yang dikehendaki, entah itu di Word, Notepad, dll.

2. Melihat History Command

History Command pada CMD adalah daftar semua perintah yang pernah digunakan selama anda membuka CMD saat itu. Biasanya perintah-perintah yang sebelumnya digunakan dapat dilihat dan digunakan kembali dengan menekan tombol arah atas pada keyboard. Namun, jika history command memiliki data yang sangat banyak, dan perintah yang anda cari sudah jauh, maka hal ini juga akan membuat anda kerepotan.

Oleh sebab itu, terdapat trik CMD yang bisa anda gunakan untuk melihat semua daftar perintah yang digunakan sebelumnya sejak CMD dibuka saat itu. Anda hanya perlu mengetik perintah “doskey /history” pada jendela CMD. Perintah tersebut akan menampilkan semua perintah CMD yang anda gunakan sebelumnya. Selanjutnya anda hanya perlu scroll keatas dan cari perintah yang anda butuhkan.

3. Menjalankan Banyak Perintah CMD Sekaligus

Biasanya, setiap satu baris perintah CMD untuk menjalankan satu fungsi atau menampilkan satu informasi pada output CMD. Hal tersebut terkadang merepotkan ketika jumlah perintah yang hendak dieksekusi sangat banyak. Pada kasus seperti itu anda diharuskan mengetik satu blok perintah CMD kemudian enter, lalu lakukan pada blok perintah lainnya, hingga berulang kali. Untuk mempermudah dan mempercepat, maka kini anda bisa menjalanakan banyak perintah sekaligus hanya dengan satu baris kode CMD.

Pada trik ini anda bisa menggabungkan banyak perintah dalam satu baris perintah CMD. Jadi anda hanya perlu mengetik perintah yang telah digabung satu kali, kemudian output CMD yang dihasilkan sama dengan ketika anda mengeksekusi perintah-perintah CMD tersebut satu per satu. Caranya sangatlah mudah, anda hanya perlu menambahkan “&&” sebagai permisah tiap blok perintah CMD. Jadi, misalnya anda hendak mengeksekusi perintah ipconfig dan netstat sekaligus, maka anda hanya perlu mengetik “ipconfig && netstat” pada jendel CMD.

Itulah beberapa trik cmd yang perlu anda ketahui dan bisa diterapkan. Jika, anda memahami dan menerapkan trik-trik cmd tersebut, maka pekerjaan anda yang melibatkan cmd akan selesai lebih cepat. Selain itu, anda akan mendapat pengalaman baru dalam menggunakan perintah-perintah pada CMD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *