Cara Clean Install Windows 10 April 2018 Update

install windows 10 april 2018 update – Windows 10 April 2018 Update atau Windows 10 Spring Creators Update merupakan versi terbaru Windows 10 yang menggantikan Windows 10 Fall Creators Update. Versi Windows ini secara resmi dirilis ke publik pada bulan April 2018, mungkin itulah alasan kenapa dinamai Windows 10 April 2018 Update. Karena ini merupakan agenda rutin dari pihak Microsoft untuk merilis update mayor Windows 10 dua kali setahun, maka tentu saja banyak orang yang akan penasaran dan menantinya.

Jika anda adalah salah satu pengguna yang sudah tidak sabar untuk menggunakan Windows 10 April 2018 Update, maka ada dua cara yang bisa anda lakukan. Cara pertama adalah dengan melakukan upgrade langsung dari versi Windows 10 sebelumnya yaitu Windows 10 Fall Creators Update. Sementara cara lainnya yang bisa anda lakukan agar dapat menggunakan Windows 10 April 2018 Update adalah dengan melakukan clean install. Namun, pada artikel ini hanya akan dibahas mengenai bagaimana cara clean install Windows 10 April 2018 Update.

Clean Install Windows 10 April 2018 Update

Agar dapat menggunakan Windows 10 April 2018 Update, maka salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah dengan melakukan clean install. Clean install Windows 10 April 2018 Update artinya anda melakukan install ulang pada PC/Laptop yang digunakan. Maka dari itu anda membutuhkan sebuah file ISO Windows 10 April 2018 Update. Syarat lainnya adalah anda butuh sebuah media yang akan dijadikan Bootable atau installer Windows 10, anda bisa menggunakan flashdisk.

Jika kedua syarat tersebut sudah terpenuhi, selanjutnya adalah membuat USB Installer Windows menggunakan flashdisk dan file ISO Windows 10 April 2018 Update tersebut. Jika USB Installer sudah siap, maka anda sudah bisa melakukan clean install Windows 10 April 2018 Update pada PC/laptop kesayangan anda. Langkah-langkah berikut dapat anda ikuti sebagai acuan.

Langkah pertama adalah silahkan matikan PC/laptop kemudian tancapkan USB installer pada salah satu port USB di PC/Laptop anda. Setelah itu nyalakan PC/laptop kemudian atur USB Installer tadi sebagai boot pertama melalui BIOS.

Setelah masuk ke Windows Setup, silahkan anda ubah Time and currency format menjadi Indonesia. Untuk pengaturan lainnya, tidak usah diubah. Kemudian klik Next.

Pada jendela selanjutnya, silahkan klik Install now. Maka setup Windows 10 April 2018 Update akan mulai berjalan.

Pada jendela Activate Windows, silahkan masukkan product key Windows 10 yang anda miliki lalu klik Next. Tetapi, jika anda tidak memiliki product key Windows 10 maka silahkan klik I don’t have a product key.

Selanjutnya, anda harus memilih edisi Windows 10 yang akan di install. Anda bisa memilih Windows 10 Pro, Windows 10 Home, Windows 10 Education, atau yang lainnya. Disarankan untuk memilih Windows 10 Pro, karena edisi ini merupakan edisi yang diperuntukkan untuk pengguna umum.

Pada jendela Applicable notices and license terms, silahkan centang pada checkbox I accept the license terms kemudian klik Next.

Pada jendela Which type of installation do you want?, silahkan klik Custom, hal ini disebabkan anda akan melakukan clean install Windows 10 April 2018 Update.

Pada jendela pemilihan partisi, Jika pada PC/Laptop anda sudah terpasang Windows, maka terlebih anda harus menghapus partisi Windows yang sebelumnya terlebih dahulu. Kemudian buat partisi baru untuk tempat mengistall Windows, klik pada partisi tersebut kemudian klik Next.

Proses install Windows akan berjalan, silahkan tunggu hingga selesai dan masuk ke bagian konfigurasi Windows 10 April 2018 Update. Perlu diketahui bahwa PC/Laptop anda akan melakukan restart beberapa kali pada proses ini.

Setelah proses install Windows selesai, maka selanjutnya anda harus melakukan konfigurasi sebelum bisa mulai menggunakan Windows 10 April 2018 Update. Yang pertama yang harus diatur adalah negara tempat anda berada. Silahkan pilih Indonesia pada jendela Let’s start with region. Is this right? kemudian klik Yes.

Pada jendela Is this the right keyboard layout?, silahkan klik pilih US lalu klik Yes. Alasan memilih type keyboard US karena jenis keyboard yang beredar di Indonesia adalah type US.

Pada jendela Want to add a second keyboard layout?, silahkan klik Skip. Karena anda tidak membutuhkan jenis keyboard lain.

Selanjutnya, akan muncul jendela pemilihan koneksi internet. Disini anda bisa skip atau abaikan dengan cara klik Skip for now.

Pada jendela Who’s going to use this PC?, silahkan masukkan Nama anda atau nama instansi, kemudian klik Next.

 

Pada jendela Create a super memorable password, silahkan masukkan password yang akan digunakan untuk login ke Windows, jika anda tidak ingin memasang password maka kosongkan saja kemudian klik Next.

Pada jendela Choose privacy settings for your device silahkan pilih mana yang akan anda aktifkan kemudian klik Accept.

Proses konfigurasi dan install aplikasi default akan berlangsung. PC/laptop yang anda install akan kembali melakukan restart beberapa kali, silahkan tunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah selesai maka anda akan diarahkan ke Dekstop Windows 10 April 2018 Update dan siap digunakan.

Dengan demikian anda sudah berhasil melakukan clean install Windows 10 April 2018 Update. Selanjutnya, agar bisa digunakan secara maksimal, silahkan install Driver dan aplikasi kesukaan anda.

Itulah cara install Windows 10 April 2018 Update. Cara ini sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja karena pada dasarnya yang berbeda dari cara install versi Windows yang lain hanyalah pada proses konfigurasinya.

One thought on “Cara Clean Install Windows 10 April 2018 Update

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *