Cara Menggabungkan Potrait dan Landscape dalam Satu Dokumen Word

Cara Menggabungkan Potrait dan Landscape dalam Satu Dokumen Word – Ketika anda sedang mengetik sebuah dokumen menggunakan Microsoft Word, secara default orientasi kertas atau dokumen yang digunakan adalah potrait. Tetapi terkadang dalam satu dokumen tersebut ada yang harus diketik menggunakan orientasi landscape. Misalnya saja untuk membuat tabel, dimana jika menggunakan orientasi potrait maka akan ada kolom yang tidak termuat sehingga harus diubah menjadi landscape.

Pada kasus seperti ini, sebenarnya cara mengubah sebuah orientasi dokumen dari potrait dan landscape sangatlah mudah, langsung saja klik orientation pada tools Page Layout. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika anda mengubah orientasi halaman yang diinginkan menjadi landscape, maka secara otomatis semua halaman yang terdapat pada dokumen tersebut akan ikut berubah menjadi landscape. Sementara yang anda kehendaki untuk menggunakan orientasi landscape hanya halaman tertentu saja, dan yang lainnya tetap menggunakan orientasi potrait.

Kebanyakan orang akan membuat halaman landscape tersebut pada dokumen yang berbeda. Jadi terdapat dua dokumen yang isinya masing-masing menggunakan orientasi potrait dan landscape. Jika anda melakukan hal seperti ini, maka tentu saja akan sangat merepotkan. Karena harus membuat dokumen baru dan bisa saja salah satunya ada yang tercecer dikemudian hari. Sebenarnya, anda bisa menggunakan orientasi potrait dan landscape dalam satu dokumen atau menggabungkan potrait dan landscape dalam satu dokumen word. Jadi tidak perlu membuat dokumen baru hanya untuk membedakan yang menggunakan landscape dan potrait. (Baca juga: Cara membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word)

Menggabungkan Potrait dan Landscape dalam Satu Dokumen Word

Bagi anda yang belum tahu, pada Microsoft Word sudah disediakan fitur yang memungkinkan anda untuk menggabungkan potrait dan landscape dalam satu dokumen Word. Yang perlu anda lakukan hanya menambahkan beberapa langkah dari langkah mengubah orientasi yang biasa dilakukan. Agar lebih jelas, pada artikel ini akan dibahas dua cara yang bisa digunakan. Yaitu melakukan perubahan langsung melalui Page Layout atau menggunakan fitur Breaks yang terdapat pada Microsoft Word.

1. Langsung Melalui Page Layout

Cara pertama yang bisa anda gunakan adalah, dengan mengubah orientasi kertas yang langsung melalui Page Layout. Agar lebih jelas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Yang pertama, silahkan buka dokumen Word anda kemudian klik pada Ribbon Page Layout > Page Setup (tanda panah di pojok kanan bawah tools page setup).

Pada jendela Page Setup, anda akan melihat frame orientation. Silahkan klik jenis orientasi yang anda inginkan. Misalnya anda ingin membuat sebuah halaman landscape, maka silahkan klik Landscape. Kemudian, pada bagian Apply to: silahkan pilih This point forward. Kemudian klik Ok.

Setelah anda klik Ok pada jendela Page Setup tersebut, maka pada dokumen anda akan muncul sebuah halaman baru yang menggunakan orientasi landscape. Jadi, yang perlu anda perhatikan disini adalah bahwa yang akan berubah jenis orientasinya adalah halaman selanjutnya dari posisi terakhir kursor. Jadi misalkan anda hendak mengubah halaman 4 menjadi landscape, maka anda harus klik terlebih dahulu pada akhir halaman 3 kemudian masuk ke page setup dan mengubah orientasi ke landscape seperti cara diatas.

Cara yang sama juga berlaku jika pada halaman selanjutnya anda ingin kembali menggunakan orientasi potrait. Jadi pada dokumen anda akan terdapat dua jenis orientasi yang digunakan secara bersamaan.

2. Menggunakan Fitur Breaks

Jika pada cara yang pertama anda bisa langsung mengubah orientasi halaman menjadi potrait atau landscape langsung melalui Page Setup, maka pada cara ini akan sedikit berbeda. Cara kedua untuk menggabungkan potrait dan landscape dalam satu dokumen Word adalah dengan memanfaatkan fitur Breaks yang terdapat pada Microsoft Word.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah, silahkan buka dokumen Word anda. Kemudian pada jendela utama Microsoft Word klik ribbon Page Layout. Selanjutnya klik Breaks. Pada bagian Section Breaks silahkan klik Next Page atau Continuous. Apa bedanya? jika anda memilih Next Page maka akan membuat sebuah halaman baru dan isi dokumen yang berada setelah kursor pada halaman tersebut akan berpindah ke halaman baru, hal ini sama dengan ketika menggunakan cara yang pertama. Sedangkan, ketika anda memilih Continuous, maka tidak akan membuat halaman baru, tetapi isi isi dokumen yang berada setelah kursor pada halaman tersebut tetap akan berpindah ke halaman selanjutnya ketika sudah mengubah orientasinya. Jadi jika anda hendak membuat halaman baru, maka sebaiknya anda memilih Next Page, tetapi jika halaman yang hendak anda ubah menjadi landscape sudah ada isinya maka sebaiknya memilih Continuous.

Selanjutnya klik pada halaman yang hendak anda ubah orientasinya kemudian klik tool Orientation pada Page Layout lalu pilih jenis orientasi yang diinginkan (Potrait atau Landscape), kemudian klik Ok.

Sekarang hasilnya adalah bahwa anda sudah berhasil menggabungkan potrait dan landscape dalam satu dokumen Word.

Itulah dua cara yang bisa anda gunakan untuk menggabungkan potrait dan landscape dalam satu dokumen Word. Dengan demikian anda bisa menggunakan dua orientasi kertas ini secara bersamaan pada satu dokumen tanpa perlu membuat dokumen yang baru. Sehingga, pekerjaan anda tentu saja akan selesai dengan cepat, lebih rapi dan dikemudian hari tidak perlu repot mencari dokumennya karena tidak terpisah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *